Wujudkan Pemerintahan Bersih dan Efektif


BALIKPAPAN - Asisten Pemerintahan Setdaprov Kaltim Dr Meliana mengatakan pencerahan oleh  Asosiasi Pemerintah  Provinsi  Seluruh Indonesia (APPSI) bagi pejabat  provinsi se-Kalimantan bertujuan untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif, kreatif dan bertanggungjawab.

"Pencerahan ini, sangat penting diikuti para pejabat provinsi, dalam upaya menambah wawasan dan pengetahuan dalam melakansanakan tugas dan fungsi," kata Meiliana usai pembukaan pencerahan APPSI bagi pejabatan tingkat provinsi se Kalimantan, yang berlangsung di Balikpapan, Senin (11/4).

Dalam roda pemerintahan  perlu masukan dari berbagai pihak sehingga dapat diimplementasikan seluruh pegawai dalam pelaksanaan kinerja pemerintahan di daerah.             Apalagi dalam kegiatan ini empat nara sumber langsung memberikan arahan dan masukan untuk kemajuan daerah seperti yang disampaikan Dr Aviliani yang menyampaikan topik strtegi pemerintah daerah dalam meningkatkan daya saing berbasis nilai tambah dan kualitas sumber daya manusia.

"Kemudian Prof  M Ryaas Rasyid MA  yang menyampaikan topik pemerintah efektif dan demokrasi global.  Prof Muchlis Hamdi MPA dan Prof Bahtiar Effendi menyanyikan topik tentang pemerintah daerah dan dinamika gerakan keagamaan, oleh karena itu diharapkan kepala SKPD yang ikut pencerahan ini, bisa mengimplementasikan apa yang didapat," kata Meiliana.

Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan di daerah, Pemprov Kaltim berharap pegawai dapat memahami tugas dan fungsi jabatan yang diamanahkan masing-masing. Bagaimana kinerja antara pejabat administrasi dan fungsional dalam sebuah organisasi terlaksana baik sehingga tidak terjadi kesalahan dikemudian hari.

"Namun terpenting adalah adanya kemauan kuat dalam diri setiap pejabat untuk selalu meningkatkan kualitas serta kapasitas (kemampuan) diri melalui kegiatan seperti ini, sehingga dapat diimplementasikan  pada setiap lingkup kerja SKPD," kata  ujar Meiliana.(mar/eas/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation