Wujudkan Program Nasional BKKBN

SAMARINDA- Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kaltim Sukaryo Teguh Santoso  menargetkan  setiap kabupaten dan kota memiliki satu Kampung  Keluarga Berencana (KB).

Program tersebut merupakan agenda Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokoi-JK) yang tertuang dalam Nawa Cita, khususnya nawa cita ketiga, kelima dan kedelapan.

Diamanatkan dalam nawacita ketiga membangun Indonesia dari pinggiran dengan memproritaskan  daerah dan desa dalam rangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),  kemudian nawa cita ke lima yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.

“Nawa cita  kedelapanyakni melakukan revolusi karakter bangsa. Wujudnyaadalah pelaksanaan program kampung KB.Diharapkan2016 ini paling tidak satu kabupaten/kota ada kampung KBnya,”kata Sukaryo Teguh Santoso, Senin (22/2).

Dikatakan, Kampung KB  menjadi pilot percontohan implementasi dan revitalisasi program KB ditataran akar rumput atau ditingkat RT,RW  maupun dusun. Pencanangan tingkat provinsi akan dilakukan di Kota Samarinda.

“Pencanangan Kampung KB segera kita laksanakan di  Samarinda pada akhir Februari ini untuk tingkat provinsi. Kabupaten Panajam Paser Utara (PPU) sudah terbentuk danmenyusul Paser dicanangkan 25  Februari,” ujar Sukarwo.

Dikatakannya, untuk membentuk kampun KB ada beberapa ketentuan dan beberapa syarat. Diantaranya, datakampung tersebut baik mengenai jumlah masyarakatyang miskin, komitmen pemerintah daerah dalam mendukung kampung KB dan partisipasi masyarakat dalam mendukung  program KB.

“Kawasan yang akan dijadikan kampung KB adalah wilayah yang berpendudukmiskin atau padat penduduk.Baikdaerah nelayan maupun perkampungan di bantaran sungai, kereta api, serta wilayah-wilayah yang peserta KBnya rendah,” kata Sukarwo.(mar/hmsprov)

Berita Terkait