Yudha: Menjaga Keamanan Kaltim Libatkan Seluruh Masyarakat

Kunjungan Komisi A DPRD DIY

SAMARINDA – Kondisi keamanan dan kedamaian daerah Kaltim  ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mengetahui dan berkunjung ke Kaltim.
Menurut Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim Yudha Pranoto, terciptanya kondusifitas daerah selama ini karena adanya keterlibatan seluruh komponen masyarakat untuk menjaganya.
“Tidak dapat dipungkiri keterlibatan seluruh elemen masyarakat dalam menjaga keamanan dan kedamaian sangat menentukan terpeliharanya situasi yang kondusifitas, sehingga masyarakat dapat menjalankan aktivitas dengan tenang,” ujar Yudha pada pertemuan dengan Komisi A DPRD GIY di Ruang Bina Bangsa,  Selasa (3/12).
Selain itu, Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak setiap kali dalam berbagai kesempatan berkumpul bersama masyarakat selalu mengajak pentingnya menjaga dan memelihara keamanan daerah.
Termasuk melibatkan organisasi kemasyarakatan sebagai mitra pemerintah. Misalnya,  Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) serta Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) maupun Forum Koordinasi Penanggulangan Terorisme (FKPT).
“Pemprov Kaltim beserta seluruh jajaran bersama forum-forum yang sudah terbentuk terus membangun komunikasi yang baik dan harmonis dengan masyarakat, sehingga tercipta kondusifitas menjadi tanggungjawab bersama,” jelas Yudha.
Sementara itu Kepala Kesbang Linmas DIY Rusdiyanto mengemukakan kunjungan bersama Komisi A DPRD Yogyakarta ke Kaltim ingin mengetahui secara jelas kebijakan pemerintah daerah dalam upaya menciptakan serta memelihara kondusifiats daerah.
“Kondusifitas daerah ini sudah dikenal secara nasional. Karenanya, begitu Komisi A DPRD meminta Kesbang Linmas DIY memfasilitasi kunjungan maka kami langsung memilih untuk berguru ke Kaltim, sekligus mengetahui dukungan penganggaran pemda kepada forum-forum yang terbentuk itu,” ujar Rusdiyanto.
Rombongan kunker anggota DPRD DIY dipimpin Sekretaris Komisi Haris Sutarto bersama Edhie Wibowo dan Wahyono serta Widi Praptomo dan Agung Prasetyo. Tanpak hadir pengurus FKUB, FKDM dan FKPT Kaltim.(yans/hmsprov)

///FOTO : Suasana pertemuan Komisi DPRD DIY dengan jajaran Kesbangpol Kaltim dan juga di hadiri sejumlah tokoh elemen masyarakat.(fajar/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation