Yuk Mari Ke Rejo Basuki

Ketua TP PKK Provinsi Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor saat mengunjungi Kampung Rejo Basuki (umar/humasprovkaltim)

BARONG TONGKOK - Mau belajar jadi Desa Mandiri? Tak perlu jauh-jauh ke provinsi lain. Datang saja ke Kampung Rejo Basuki di Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat.

"Di sini desanya bersih, lingkungannya asri dan semua itu datang dari kesadaran warganya. Kampung Rejo Basuki ini layak jadi contoh," kata Ketua TP PKK Provinsi Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor saat mengunjungi Kampung Rejo Basuki, Kamis (7/11/2019).

Bukan hanya mandiri dalam kebersihan lingkungan, warga setempat juga mandiri mengolah potensi desa mereka. Salah satunya adalah pengelolaan listrik memanfaatkan limbah dari peternakan sapi yang juga dikelola warga Rejo Basuki.

Mereka pun bisa melakukan penghematan dari pengelolaan listrik biogas yang berasal dari limbah sapi tersebut.

Norbaiti melihat berbagai program di Desa Mandiri ini berjalan mulus karena ada keterpaduan di antara segenap komponen kampung ini.

Mulai pemerintah desa, Badan Permusyawaratan Kampung, Badan Usaha Milik Kampung dan LPM semua memberi dukungan.

"Keterpaduanya komplit di sini. Makanya semua bisa belajar ke Kampung Rejo Basuki ini," puji Norbaiti.

Jelas sekali, istri Gubernur Kaltim Isran Noor ini mendukung agar Kampung Rejo Basuki bisa menjadi Desa Wisata sekaligus desa percontohan.

Norbaiti juga mampir ke Sekretariat TP PKK Kampung Rejo Basuki. Saat kunjungan ini turut mendampingi Ketua TP PKK Kutai Barat Yayuk Seri Rahayu Yapan.

Hadir pula Camat Barong Tongkok Denasius, Ketua TP PKK Kecamatan Barong Tongkok Norhayati, Kepala Kampung Rejo Basuki Supriadi. (mar/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation