Zairin: PNS Kaltim Berpotensi Jadi Atlet Andal

Tiga Daerah Belum Bentuk Bapor Korpri

 

SAMARINDA – Sebanyak 12 kabupaten dan kota di Kaltim (termasuk Kaltara) sudah membentuk Badan Pembina Olahraga (Bapor) Korpri. Dengan demikian masih ada tiga daerah yang belum membentuk lembaga yang memayungi para atlet PNS di daerah.

Tiga daerah tersebut yakni Kabupaten Bulungan, Penajam Paser Utara dan Mahakam Ulu. “Kita harus menyurati ketiga daerah itu untuk segera membentuk lembaganya,” kata Kepala Bapor Korpri Kaltim H Zairin Zain pada Raker Bapor Korpri, Selasa (21/10).

Menurut dia, banyak PNS di lingkup pemerintah kabupaten itu yang berpotensi menjadi atlet andal yang mampu membawa prestasi besar bagi daerah. “Kalau sudah terbentuk 15 Bapor maka kita akan semakin kuat. Kita belum melepas Kaltara,” ujar Zairin.

Dia mengakui selama ini atlet Kaltim yang terdiri para PNS lingkup Pemprov dan instansi vertikal di daerah cukup berprestasi. Namun dengan adanya tambahan para atlet di tiga daerah tersebut maka prestasi atlet Bapor Korpri Kaltim akan semakin meningkat.

Selain itu, dalam upaya meningkatkan prestasi olahraga para atlet maka Bapor Korpri secara rutin harus menyelenggarakan seleksi daerah antar kabupaten dan kota. Sehingga, mampu menumbuhkan semangat atlet baru yang aktif dalam cabang olahraga yang dipertandingkan.

“Kami rasa dengan 15 daerah ini tentu banyak atlet baru yang akan tergabung dalam menghadapi even-even olahraga, terutama cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang Bapor Korpri regional (wilayah) maupun nasional,” jelasnya.

Sementara itu bagi kabupaten dan kota yang sudah terbentuk Bapor Korpri hendaknya segera melaksanakan rapat musyawarah daerah. “Hal ini penting guna mengetahui perkembangan organisasi serta kemajuan dan menggali permasalahan yang dihadapi,” harapnya.

Termasuk melakukan koordinasi dan komunikasi dengan instansi teknis yang menangani olahraga di daerah seperti Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) maupun Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat.

“Koordinasi dan komunikasi ini sangat strategis dalam upaya meningkatkan dan memacu prestasi olahraga serta tata kelola dan pembinaan olahraga bagi para atlet, termasuk penganggaran guna meningkatkan kinerja organisasi dan prestasi atlet,” ujar Zairin Zain. (yans/sul/hmsprov)

 

//Foto: PACU PRESTASI. Kepala Bapor Korpri Kaltim H Zairin Zain menjelaskan tentang program kerja dalam rangka meningkatkan prestasi atlet Bapor Korpri Kaltim. (masdiansyah/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation