Kalimantan Timur
Zairin: Selalu Berupaya Beri Layanan Transportasi Terbaik

Zairin: Selalu Berupaya Beri Layanan Transportasi Terbaik

 

SAMARINDA - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim Zairin Zain menegaskan, Dishub akan terus meningkatkan berbagai fasilitas sarana transportasi agar lebih berkembang, sekaligus mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Harapannya agar para pengguna jasa transportasi benar-benar dapat menikmati  transportasi di semua lini,  darat, laut dan sungai serta udara secara aman dan nyaman.

"Kami akan terus berupaya meningkatkan pelayanan transportasi di Kaltim menjadi lebih andal dan bermartabat.  Tuntutan masyarakat yang semakin tinggi, harus dijawab dengan program nyata yang manfaatnya benar-benar bisa dinikmati masyarakat, sekaligus memberi andil mendorong pertumbuhan ekonomi daerah," kata Zairin Zain usai Upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2014 di Halaman Kantor Dinas Perhubungan Kaltim, Rabu (17/9).

Sejumlah upaya sudah dan terus dilakukan diantaranya pengembangan terminal Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, sarana transportasi di perbatasan baik di darat maupun laut, kawasan wisata Maratua, pembangunan pelabuhan laut di sejumlah daerah dan pelayanan transportasi rel kereta api.

"Kita lakukan perbaikan dan peningkatan pada posisi-posisi yang belum dipenuhi, sementara sisi-sisi yang sudah berjalan akan terus kita tingkatkan di semua lini, darat, laut dan sungai, serta udara. Kita akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," tegas Zairin.

Zairin juga memberikan penjelasan atas pertanyaan sejumlah wartawan terkait kelanjutan pembangunan Bandara Samarinda Baru (BSB). Dijelaskan Zairin, setelah rapat evaluasi bersama Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung, Senin (15/9) malam lalu, diputuskan bahwa kelanjutan proyek itu akan dituntaskan dengan kolaborasi anggaran pusat (APBN) dan daerah (APBD).

"Menko Perekonomian Chairul Tanjung sudah meminta Wakil Menteri Perhubungan untuk menyelesaikan pembangunan sisi udara bersama-sama Pemprov Kaltim. Melalui APBD Pemprov mengerjakan landasan pacu (run way), sementara APBN akan menyelesaikan apron dan taxi way. Itu sudah disepakati dan harus ditindaklanjuti.

Diperkirakan, semua fasilitas BSB itu akan selesai pada 2016.  "Mudah-mudahan 2016 kita sudah bisa memindahkan operasional Bandara Temindung ke BSB," imbuh Zairin.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2014 di Kaltim, Adang Rosdiana menyebutkan, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Perhubungan tahun ini digelar berbagai lomba diantaranya, tenis lapangan, tenis meja dan bola voli. Selain itu, juga digelar lomba menggambar dan mewarnai untuk anak-anak.

Sedangkan untuk menyatukan jajaran perhubungan dengan masyarakat, maka pada 28 September 2014 akan digelar jalan sehat yang akan dipusatkan di Stadion Madya Sempaja Samarinda dengan sejumlah doorprize bagi masyarakat.

"Kami juga menggelar bakti sosial salah satunya berupa sunatan massal diikuti 36 anak," kata Adang. (sul/es/hmsprov)  

///FOTO : Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal member ucapan selamat kepada Kepala Dinas Perhubungan Zairin Zain pada peringatan Hari Perhubungan Nasional 2014.(fajar/humasprov)

 

Berita Terkait