MTQ Nasional Tahun 2024 Bakal Digelar di Kaltim dan IKN, Sekda Sri: Ini Teristimewa!

ekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni sebut momen MTQ teristimewa.

SAMARINDA - Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) ke-30 Tahun 2024 bakal digelar di dua tempat, yakni Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Pelaksanaan MTQ Nasional di Bumi Etam tahun ini, disebutkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni sebagai momen MTQ teristimewa. 

"Ini MTQ istimewa. Karena tidak didapati pada MTQ-MTQ sebelumnya. Pertama kali digelar di IKN, dibuka secara hybrid di dua lokasi dan menjadi saksi sejarah sebagai festival keagamaan pertama yang diselenggarakan di IKN," kata Sri Wahyuni dalam Rapat Koordinasi Panitia MTQN XXX Tahun 2024 di Aula Odah Etam, Selasa (7/5/2024).

Pembukaan MTQ ke-30 rencananya akan dilaksanakan pada 8 September 2024 mendatang di dua lokasi secara bersamaan. Yakni di Kota Samarinda (Kaltim) dan di IKN. Acara pembukaan tersebut, akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo di IKN. 

Sementara untuk pelaksanaan lomba-lomba, rencananya akan dipusatkan di Kota Samarinda. Seluruh rangkaian MTQ Nasional sendiri akan berlangsung selama 10 hari. Yakni pada 6 hingga 16 September 2024. Tak kurang sebanyak 6 ribu partisipan diperkirakan bakal hadir di event akbar ini. 

"Jakarta diperkirakan akan membawa 15 artis dan seribu orang dalam kafilah mereka. Jawa Timur juga seribu orang. Jadi kota-kota besar ini menunjukkan kekuatannya. Itu cukup menggambarkan seberapa besar pamor MTQ Nasional di Kaltim kali ini," ungkap Sekda Sri. 

Untuk itulah ia berharap, persiapan penyelenggaraan MTQ Nasional untuk kedua kalinya di Kaltim setelah 48 tahun sejak 1976, bisa sangat optimal.

Kaltim selaku tuan rumah harus memberikan kesan yang baik kepada seluruh tamu kafilah. 

"Jadi mereka para kafilah ini akan punya kenangan yang manis, bukan hanya karena di IKN. Tapi juga karena penerimaan dan layanan yang kita persembahkan itu sangat baik," tutupnya. (KRV/pt)